Selasa, 16 September 2014

Kentang goreng, Ice Cokelat, dan Setenggak Rindu

Ketidakmampuan dicampur gelisah saling silang membentuk kuadran perasaan yang disebut kecemasan. Kecemasan dikali dengan kehampaan menghasilkan rumusan yang dipanggil manusia kegundahan. Hasil dari rententan situasi-situasi itu melahirkan seorang manusia yang kebingungan tentang keberadaannya di tengah dunia. Aku lah orangnya. 
 
Aku yang sedang berjalan dalam kelana yang tak dikenal. Kelana dengan pilihan-pilihan kemungkinan yang begitu luas dan takjub, sehingga titik bifurkasi yang ada begitu lebar, dalam dan tak terjangkau oleh tanganku yang kecil ini. Kebingungan yang menjadi-jadi memenuhi hati sepanjang jutaan megasekon belakangan ini.
 
Apa yang biasa, dan bisa kamu lakukan ketika menghadapi perasaan-perasaan ini? Ketika kau butuh mood booster sebagai penyemangat kerjamu? In what way you can ignite your passion?
 
Maka aku memilih tiga hal ini: kentang goreng, es cokelat, dan setenggak rindu. Kalau kau tahu, kentang punya banyak manfaat jika kita memakannya.  Salah satunya adalah meredakan stress.  What? Ya, aku sendiri baru tahu. Mengandung vitamin B6, kentang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres yang berasal dari pikiran. Kentang membuat hormon adrenalin yang dapat merespon stres, hingga pada akhirnya membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan perasaan yang menenangkan (info ini diambil dari sini).  Nah, belakangan ini aku agak tertekan dengan banyaknya hal di dalam pelayanan yang harus kukerjakan dan kupikirkan, maka memperbanyak vitamin B6 di dalam diriku mungkin bakal lebih membuat rileks. Apalagi jika ia dipadu dengan cokelat! Cokelat, "mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak." (diambil dari Wikipedia). Hormon Serotonin adalah hormone yang  diproduksi di saluran pencernaan. Hormon ini berfungsi mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan dan tidur. Maka mengkonsumsi cokelat secara rutin akan membantu kita untuk menjaga stabilitas jumlah serotonin di dalam otak kita. Jadi jelas, kentang (goreng) ditambah (es) cokelat, adalah kombinasi aku yakin ahli fisika kuantum atau biomokuler akan menyetujuinya sebagai mood booster yang tepat untuk menyuntikkan kreatifitas, ketenangan, dan perspektif yang positif. Tak heran, Harry Potter selalu makan cokelat ketika Dementor datang :) (lih. cerita Potter, Prisoner of Azkaban).
 
Tunggu, lalu apa itu setenggak rindu? Apakah ia jenis minuman terbaru yang bisa kita dapatkan di kios Starbucks terdekat? Bukan. Kalau kau lihat KBBI, rindu didefinisikan "sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu." Aku mendefinisikan setenggak rindu sebagai kumpulan perasaan yang dapat kau minum dan masuk ke dalam jiwamu yang terdalam, menggerakkanmu untuk menggubah komposisi, menantangmu untuk mendaki gunung tertinggi, menantimu untuk melakukan sebuah revolusi.  Kumpulan perasaan itu bisa berasal dari pengalaman masa lalu, pembacaan buku yang menginspirasi, atau perjumpaan dengan Sang Hidup yang membawa ke dalam pencerahan.  Dan kini aku mau menenggak setenggak rindu! Setenggak rindu akan dunia yang lebih baik. Setenggak rindu akan kisah dimana orang-orang miskin dan tertindasi ditransformasi dan dimanusiakan. Setenggak rindu akan kedamaian dan harmoni antara pemeluk agama. Setenggak rindu. . . . .
 
 
 
 
Apakah engkau mengalami hal yang sama denganku? Bingung dengan hidupmu, bosan dengan ini dan itu? Kelelahan dengan rutinitas yang ada? Pesanlah ketang goreng, ice cokelat, dan nikmatilah setengggak rindu!
 
 
 
 
@Library Café, Gramedia Book Store, memesan kentang goreng dan ice cokelat seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar